Resep Soto Ayam Ala Mai-We

8:24 PM

Kali ini resep yang dicoba adalah resep soto ayam. Kebetulan banget cuaca yang lagi hujan, mendukung banget untuk memasak yang berkuah hangat. Yap soto ayam ala mai-we. Sebelumnya, kalau masak soto ayam pasti selalu pakai bumbu instan, ya kalau karena males ribet dengan bumbunya yang banyak. Tapi kali ini pengen banget masak soto ayam dengan membuat bumbu sendiri, selain sehat karena tanpa pengawet dan msg, juga pastinya akan merasa puas jika kita bisa berhasil membuat masakan sendiri dengan rasa yang mantap maknyus. Langsung deh googling dulu, nyari resep soto ayam dan akhirnya ketemu resepnya di sajiansedap.

Resep dan cara memasaknya saya modifikasi sedikit, karena hanya saya ambil bahan dan bumbunya saja dengan sedikit tambahan pelengkap, untuk cara memasaknya tentunya ala mai-we. Berikut resep soto ayam ala mai-we:

Soto Ayam ala Mai-We
Soto Ayam ala Mai-We 

Soto Ayam Ala Mai-We

Bahan-bahan:

1/2 ekor ayam kampung
2.000 ml air
2 butir cengkeh, memarkan
2 cm kayu manis
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 batang serai, memarkan
1 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk, dibuang tulang daunnya
3 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu Halus:

2 sdt garam
1/4 sdt merica
1/2 sdt gula pasir
10 butir bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri, sangrai
1 sendok teh ketumbar
3 cm kunyit

Bahan Pelengkap:

Semangkuk nasi
25 gram soun, rendam, potong-potong
100 gram taoge, rebus sebentar
100 gram wortel, potong korek api rebus sebentar
2 buah tomat
1 sendok makan bawang merah goreng

Cara memasak soto ayam:

  1. Haluskan bumbu yang harus dihaluskan, kemudian tumis bersama bumbu lain seperti jahe, lengkuas, kayu manis, daun salam, daun jeruk, serai. Untuk gula pasir, saya ganti dengan gula jawa.
  2. Biarkan hingga harum dan sambil di aduk-aduk untuk menghindari bumbu gosong. Kemudian masukkan ayam yang sudah dicuci bersih, tambah air hingga daging ayam terendam.
  3. Tunggu hingga bumbu meresap ke dalam daging ayam, sambil menunggu bumbu ayam meresap, siapkan panic yang berisi air untuk kuah sotonya.
  4. Masukkan daging ayam bersama bumbunya ke dalam air yang mendidih, tunggu sekitar 5 menit sambil dirasakan kuah sotonya, biasanya kurang garam.
  5. Untuk bahan pelengkap, saya tambahkan wortel dan juga mie sounnya saya ganti dengan mie jagung, sesuai ketersediaan bahan yang saya miliki.
  6. Untuk daging ayamnya bisa langsung di suwir, ataupun bisa juga digoreng dulu baru disuwir. Sesuaikan dengan selera anda.
  7. Siapkan mangkuk saji, masukkan nasi dan tambahkan bahan pelengkapnya, masukkan kuah sotonya. Sajikan selagi hangat bersama sambal tomat.

  

You Might Also Like

0 comments