Kandungan Gelatin Dalam Makanan

7:21 PM

Banyak masyarakat Indonesia yang tidak tahu apa itu gelatin, dan biasanya gelatin terdapat dalam makanan apa saja? Kenapa kita perlu risau dengan gelatin? Ya, karena gelatin bisa saja terbuat dari bahan yang haram, jadi kita perlu yakinkan bahwa gelatin yang kita pakai atau makanan yang mengandung gelatin sudah benar-benar terjamin kehalalannya. Yuk kita pelajari lebih lanjut.



Gelatin adalah produk alami yang diperoleh dari hidrolisis parsial kolagen. Gelatin merupakan protien yang larut yang bisa bersifat sebagai gelling agent (bahan pembuat gel) atau sebagai non- gelling agent. Sumber bahan baku gelatin dapat berasal dari sapi (tulang dan kulit jangat), babi (hanya (kulit) dan ikan (kulit). Karena gelatin merupakan produk alami, maka diklasifikasikan sebagai bahan pangan bukan bahan tambahan pangan.

Berdasarkan prosesnya, gelatin dikategorikan dalam 2 tipe yaitu:
  1. Gelatin tipe A, yaitu proses perendaman asam yang umumnya berasal dari kulit babi yang memiliki titik isoelektrik (titik pengendapan protein) pada PH yang lebih tinggi yaitu 7,5 – 9.
  2. Gelatin tipe B, yaitu proses perendaman basa yang biasanya bersumber dari kulit jangat sapi dan tulang sapi yang memiliki titik isoelektrik (titik pengendapan protein) pada PH 4,8 – 5.

Dalam perkembangannya, proses pembuatan gelatin yang berasal dari tulang dapat dilakukan juga dengan menggunakan cara asam yang lebih sederhana yang akhirnya juga menggeser PH isoelektrik pada kisaran 5,5 – 6,0. Secara ekonomis, proses asam lebih disukai dibandingkan dengan proses basa. Hal ini karena perendaman yang dilakukan dalam proses asa relatif lebih singkat yaitu 3-4 minggu dibanding dengan proses basa sekitar 3 bulan.
Terdapat 2 bentuk gelatin, yaitu gelatin bubuk (gelatin powder) dan gelatin lembaran (gelatin sheets). Untuk gelatin bubuk, dilarutkan dengan air dingin sampai mengental dan terlihat tembus pandang. Sedangkan untuk gelatin lembaran, direndam dalam air dingin sampai terlihat lunak lalu peras. Tinggal larutkan dengan air panas sampai terlihat bening.
Dalam industri makanan gelatin bisa menjadi pengemulsi, pengendap, pengikat dan bahan pengisi. Sifatnya yang mudah dibentuk, bisa menjadi hiasan dari berbagai macam cake. Selain itu, gelatin terdapat dalam makanan yang populer di masyarakat antara lain sebagai bahan pembuat gel pada makanan seperti es krim, pudding, cake,  jelly, olahan coklat, minuman susu formula dan permen kenyal.


You Might Also Like

0 comments