Waspada Kuas Dan Sikat Gigi Dari Bulu Babi

10:17 PM

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak pernah lepas dari penggunaan sikat ataupun kuas, mulai sikat gigi, kuas make-up, kuas untuk cat, kuas untuk memasak, dan masih banyak kegunaan lainnya. Kuas-kuas dan sikat gigi tersebut sebagian besar terbuat dari bulu. Yang perlu kita waspadai adalah adanya kuas dan sikat gigi dari bulu babi. Terakhir kemarin muncul berita bahwa tulisan bristle pada kemasan sikat gigi atau kuas menunjukkan bahwa produk tersebut terbuat dari bulu babi. Betul tidak ya? Yuk kita pelajari.

Kuas terdapat dua jenis, yaitu kuas alami dan juga kuas sintetis. Kuas alami terbuat dari bulu hewan, sedangkan kuas sintetis terbuat dari bahan plastik. Kuas alami lebih banyak diminati terutama untuk alat kosmetik, karena bahannya lebih lembut dibanding kuas sintetis.



Istilah bristle sebenarnya tidak selalu berarti bulu babi, arti sebenarnya adalah bulu. Bulu yang dimaksud bisa termasuk  rambut, serat yang kaku, maka secara istilah akan disebut sebagai bristle.  Rambut, jenggot yang kaku, bisa dikategorikan juga sebagai bristle.  Contoh yang lain adalah ijuk atau daun pinus yang kaku pun bisa disebut sebagai bristle.

Dalam dunia industri bristle memang digunakan sebagai bahan pembuat kuas atau sikat (brush) termasuk sikat gigi (toothbrush).  Bristle dimaksud bisa bersumber dari bulu hewan atau serat tanaman atau serat sintetik seperti nylon dan silikon.  Bulu hewan yang digunakan bisa bersumber dari babi, kambing, kuda, atau unta.  Serat tanaman yang pernah juga digunakan sebagai bahan kuas atau sikat adalah ijuk. Nylon pun serat sintetik yang jamak digunakan untuk bahan kuas, sikat atau pun sikat gigi.   

Bahan apapun yang berasal dari babi adalah haram sekaligus najis, baik dalam bentuk kering ataupun basah.   Ditambah lagi selain keharaman zatnya,  MUI sudah memfatwakan apapun yang berasal dari babi haram untuk pemanfaatannya (al-intifa’) termasuk bulunya.   

Berikut tips untuk mengenali kuas dan sikat gigi bulu babi;

  1. Kuas dengan bulu alami seperti bulu babi jika dibakar akan menimbulkan bau yang khas binatang, atau seperti bau rambut atau tanduk yang terbakar.
  2. Kuas bulu babi biasanya berwarna putih.
  3. Kenali bahan pembuatannya pada kemasan produknya jika ada.

Sumber : www.halalmui.org dan www.panduanhidupsehat.com

You Might Also Like

0 comments