Teflon Berlabel Halal

10:40 PM

Kabar gembira untuk kita sebagai umat muslim, ternyata kini tidak hanya produk makanan dan minuman saja yang halal. Produk lain seperti teflon pun ternyata ada yang sudah berlabel halal. Bahkan teflon berlabel halal ini diklaim sebagai produk alat memasak anti lengket halal pertama di dunia. Produk tersebut sudah sangat familiar dengan masyarakat Indonesia yaitu MAXIM.



John Welli sebagai Branch Manager PT Maxim Houseware Indonesia, seperti yang di lansir oleh www.liputan6.com mengemukakan bahwa "Berdasarkan tren pola hidup sehat yang tengah berkembang di masyarakat Indonesia, akhirnya kami tergerak untuk membuat membuat piranti masak Maxim Teflon. Tak perlu khawatir, karena Maxim ini sudah terdaftar dalam Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 24 Desember 2013," John pun menambahkan "Piranti masak Maxim Teflon merupakan piranti masak anti lengket halal pertama dan satu-satunya di dunia. Hal ini merupakan bukti komitmen kami untuk memberikan kenyamanan saat memasak pada konsumen kami. Dengan teflon ini, kami juga mengajak para ibu untuk tetap gemar memasak untuk keluarganya ditengah maraknya perkembangan restoran makanan cepat saji seperti saat ini," ujarnya. 

Kayanya kita perlu belajar lagi nih, kenapa dengan alat memasak seperti teflon ini juga dibutuhkan pengkajian pembuatannya untuk mengetahui apakah halal atau tidak. Yuk kita tengok bahan-bahan pembuatnya.

Seperti yang pernah dijelaskan oleh penggerak HalalCorner, dalam twitternya menjelaskan titik kritis pada pembuatan sebuah teflon.

Titik kritis pada pembuatan teflon:

  1. Pelapisan wajan besi atau seasoning dilakukan untuk mencegah peralatan yang terbuat dari besi, lengket dan berkarat.
  2. Bahan utama pelapisan atau seasoning adalah minyak atau lemak padat.
  3. Proses pelapisan ini adalah proses perubahan minyak atau lemak menjadi bentuk polimer akibat suhu tinggi dan membentuk lapisan tipis.
  4. Pelapisan ini dilakukan berulang kali sampai akhirnya permukaan wajan hitam, licin dan mengkilat. Sehingga wajan akan tidak lengket dan membuat telur mata sapi yang sempurna.
  5. Minyak atau lemak yang digunakan bisa dari nabati atau hewani. Lemak padat dari hewani bisa berasal dari lemak babi. Sedangkan minyak nabati biasanya dari minyak kelapa, kelapa sawit, kacang, jagung, kanola, zaitun dan flaxseed oil

Hhmmm jadi tahu kan sekarang, bahan-bahan pembuat teflon. Langsung tengok di dapur alat-alat masak kita sudah halal belum ya? Hehe Semoga semakin banyak produk-produk alat rumah tangga seperti alat memasak yang berlabel halal. Sehingga kegiatan memasak pun menjadi nyaman.

You Might Also Like

0 comments