Tips mengecek produk halal

2:37 PM

Sebagai seorang muslim, diwajibkan atas kita untuk mengkonsumsi makanan dan minuman yang halal. Hal ini mudah dilakukan jika kita membuatnya sendiri di rumah, karena kita mengetahui bahan-bahan yang kita gunakan. Meskipun demikian kita juga harus berhati-hati dengan bahan-bahan yang kita gunakan apakah sudah halal atau belum. Kekhawatiran yang lain adalah ketika kita berbelanja produk-produk makanan ataupun minuman di luar sana, karena mereka yang berlogo halal pun bisa jadi sudah melewati tanggal berlakunya. Untuk itu kita perlu berhati-hati dan waspada, dan untuk meyakinkan tentang kehalalan produk tersebut kita perlu mencari informasinya.



Alhamdulillah di Indonesia sudah ada lembaga yang mengawasi produk-produk halal di Indonesia. Lembaga itu adalah Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lembaga ini berwenang mengeluarkan fatwa haram atau halal suatu barang ataupun juga kegiatan di Indonesia.

Berikut ini ada beberapa tips untuk mengecek produk halal, untuk menyakinkan produk yang anda beli baik makanan, minuman, atapun produk nonfood.

Tips untuk mengecek produk halal;


  1. Mengecek melalui situs website resmi dari MUI. Lembaga MUI ini mempunyai situs website sendiri dengan alamat www.hahalmui.org Tentunya situs ini sangat bermanfaat dan sangat membantu untuk masyarakat Indonesia. Di sana terdapat berbagai macam informasi yang bisa didapat, salah satunya adalah untuk mencari produk-produk halal. Halalmui menyediakan halaman khusus untuk penggunanya mencari suatu produk apakah sudah tersertifikasi halal atau belum.
  2. Mengecek melalui sms. Lembaga MUI juga menyediakan layanan tentang produk halal melalui sms. Masyarakat umum bisa menggunakannya format sms dengan ketik HALAL MERK kemudian kirim ke 98555
  3. Mengecek melalui aplikasi. Anda juga bisa mengunduh aplikasi HALAL MUI melalui Blackberry Word, Google Store, dan juga App Store. Aplikasi ini bisa dipasang di smartphoneIuntuk memudahkan anda melihat produk-produk halal.
  4. Mengecek label halal pada produk. Tentunya hal ini sangat mudah dilakukan, anda tinggal melihat pada kemasan produk. Jika sudah terdapat logo halal MUI, maka produk tersebut sudah halal.

Dari keempat cara mengecek produk halal tersebut di atas, anda akan mendapatkan informasi mengenai kehalalannya, nomor sertifikat, produsen, dan juga tanggal hingga berlakunya. 

Untuk melihat kehalalan dari suatu produk dengan model kemasan mungkin anda mudah melakukannya, anda tinggal melihat logo halal pada kemasan produk. Tapi untuk produk makanan dari suatu gerai atau toko, seperti misalnya anda ingin membeli kue donut dari sebuah toko kue, ada baiknya anda mengeceknya terlebih dahulu melalui situs, aplikasi ataupun layanan sms. Sehingga anda yakin terhadap kehalalan dari makanan atau minuman yang anda beli.

You Might Also Like

0 comments