Berhati-Hati Saat Jajan

8:06 PM

Jajanan di jalanan atau yang lebih sering disebut food street memang sangat menggoda. Mulai dari mie ayam, bakso, siomay, batagor, cilok, cireng, bakwan kawi dan masih banyak lagi lainnya, yang mereka semua adalah jajanan khas dari daerah-daerah di Indonesia.

Hhhhmmmm pasti semua pernah mencobanya ya, tapi pernah sampai meniti belum, para penjual itu memakai saos dan kecap apa? Karena hampir semua jajanan itu menggunakan saos dan kecap. Sudah terjamin kehalalannya kah? Kalau untuk kecap sih hampir semua sudah berlabel halal, tapi kalau untuk saos masih meragukan.

Sayangnya para penjual jajanan itu tidak memikirkan standar BPOM dan kehalalan MUI. Mereka hanya berfikir bagaimana menekan uang produksi untuk menghasilkan laba yang banyak. Sehingga lebih memilih bahan-bahan yang murah untuk menekan uang modal mereka, tanpa memikirkan kualitas produksinya. Seperti saos yang dipakai para penjual cilok, saya pernah melihat ada plastik bungkus saos yang ternyata tidak ada label halalnya. Parahnya lagi mereka menuang saos itu pada botol plastik bekas. Sangat disayangkan bukan? Mulai saat itu, saat membeli biasanya saya tidak pakai saos dan kecap mereka. Coba anda periksa saat jajan mie ayam, biasanya mereka menyediakan botol kecap dan saos. Coba lihat pada botolnya apakah ada label halalnya? Kebanyakan saos dan kecap yang mereka pakai itu belum ada label halalnya.

Memang kenapa dengan saos dan kecap yang tidak berlabel halal? Ya karena di dalam bahannya terindikasi bahan yang tidak halal.



Berikut tips saat membeli jajanan di jalanan:

  1. Tips pertama saat jajan di jalanan adalah membawa  saos dan kecap sendiri. Memang merepotkan sih, tapi itu lebih membuat nyaman. Sekarang sudah banyak kemasan botol kecil untuk saos dan kecap, kemasan sachet kecil juga ada. Jadi tidak ada alasan kita untuk menempuh jalan yang lebih baik, apapun itu.
  2. Tips kedua adalah membuatnya sendiri di rumah. Kita bisa mendapatkan bahan-bahannya yang lebih baik kualitasnya dan juga tentunya kehalalannya terjamin. Untuk resepnya, kini sudah banyak tersebar di media sosial berbagai macam resep jajanan seperti yang biasa dijual di jalanan. 

You Might Also Like

0 comments